June 29, 2022
F1

Guanyu Zhou Bungkam Semua Kritikan dengan Finis Ke-10 di Bahrain

F1 - Guanyu Zhou Bungkam Semua Kritikan Dengan Finis Ke-10 Di Bahrain - Soundcov.com Portal Berita Olahraga Online

Berita F1: Guanyu Zhou mampu membuktikan dirinya punya kualitas balap yang menjanjikan dengan finis ke-10 di GP Bahrain usai disebut bisa tampil di Formula 1 berkat uang.

Guanyu Zhou diketahui baru saja memulai kariernya di ajang Formula 1 pada musim ini setelah menghabiskan tiga musim di Formula 2. Ia mendapatkan kursi di Alfa Romeo dan diduetkan dengan pebalap senior, Valtteri Bottas.

Alfa Romeo lantas mengakui bahwa dukungan finansial besar yang dibawa oleh Zhou lewat sponsornya membuat mereka berani untuk menjadikannya sebagai pebalap Formula 1 pertama asal Cina.

Namun pabrikan asal Swiss itu menegaskan tak hanya melihat Zhou dari aspek finansial saja, tetapi juga catatannya di kejuaraan Formula 2 musim lalu, di mana pebalap akademi Alpine tersebut sukses bertengger di peringkat ketiga klasemen akhir pebalap.

Sontak perekrutan pemuda berusia 22 tahun itu mendapatkan respons negatif dari para penggemar ajang kelas premier. Ia dinilai bisa masuk ke Formula 1 karena faktor uang.

Guanyu Zhou lantas merespons kritik tersebut dengan jawaban yang elegan. Pada seri GP Bahrain akhir pekan lalu, ia sukses lolos ke sesi kualifikasi kedua. Walau start balapan dengan performa kurang baik, sang rookie bisa finis di P10 dan mencetak satu poin.

Saya pikir saat saya menandatangani kontrak bersama tim akhir tahun lalu, orang-orang memiliki pendapat yang berbeda soal saya berada di Formula 1, ungkap Zhou dikutip dari Motorsport.com.

Namun dalam kepala saya, saya sudah melakukan segalanya untuk bisa mengamankan kursi F1. Musim ini, saya ingin ada di Q2 agar saya bisa menutup mulut mereka. Sekarang saya merasa lega, karena saya bisa finis di P10 dari P15, walau itu terasa seperti dari P20 ke P10, jelasnya.

Saya pikir itu adalah jawaban terbaik. Saya tidak ingin sesumbar, jadi saya ingin fokus ke pekerjaan saya, ia melanjutkan.

Setelah melewati garis finis di GP Bahrain, Zhou terlihat sangat emosional saat keluar dari mobilnya. Ia pun merayakan pencapaiannya tersebut bersama seluruh kru Alfa Romeo, mengingat itu juga merupakan torehan terbaik timnya sejak GP Brasil 2019.

Menempati urutan ke-15 di kualifikasi, mobil Zhou malah masuk ke mode anti-stall jelang Tikungan 1 Sirkuit Bahrain. Hal tersebut membuat ia dengan mudah disalip oleh para rival yang ada di belakangnya.

Dirinya berada di P13 saat restart balapan setelah periode Safety Car di tahap akhir perlombaan. Ia berhasil melewati Mick Schumacher sebelum akhirnya memanfaatkan nasib buruk duo pebalap Red Bull Racing yang DNF untuk bisa finis di urutan ke-10.

Senang saja bukan kata-kata yang bisa menggambarkan perasaan saya sekarang. Emosional mungkin jadi kata yang tepat untuk menyimpulkan balapan kemarin, kata Zhou.

Saya sangat fokus untuk bisa kembali ke posisi saya pada saat balapan. Semua gerakan yang saya pikirkan sudah saya lakukan, tidak peduli apakah itu tikungan terakhir atau pertama, atau Tikungan 4. Saya rasa saya membuat keputusan yang benar.

Keinginan yang begitu besar muncul dalam diri saya. Meraih poin itu bisa saya lakukan dan saya tahu itu lewat kecepatan saya pada saat balapan. Bisa meraih poin itu ternyata luar biasa, pungkasnya.

Artikel Tag: Guanyu Zhou, Alfa Romeo, F1 2022, GP Bahrain

Published by at https://www.ligaolahraga.com/f1/guanyu-zhou-bungkam-semua-kritikan-dengan-finis-ke-10-di-bahrain


Leave a Reply

Your email address will not be published.

X